Baratayuda (Bharatayuda)

Baratayuda adalah perang diantara keturunan Barata, yaitu antara Pandawa dan Kurawa, memperebutkan tahta kerajaan Astina. Dalam perang itu, Kurawa bersaudara yang jumlahnya seratus orang mati semua. Di pihak Pandawa juga, meskipun kelima bersaudara Pandawa selamat, namun banyak anak dan sanak kadangnya yang mati dalam perang itu seperti Abimanyu, Gatotkaca, Durpada, dll.

Lakon perang Bharatayuda dibagi dalam beberapa penggal, sesuai dengan nama yang menjadi panglima perang Astina, seperti Bisma Parwa, Dorna Parwa, Salya Parwa, dll. Dalam wayang, perang Baratayuda dianggap bagian lakon yang paling keramat, sehingga tidak sembarang dalang berani mempertunjukkannya. Perang Baratayuda menjadi sesuatu yang selalu terbayang secara implisit dalam setiap pertunjukan wayang, baik lakon Galur maupun Carangan, seakan-akan menyadarkan para penonton akan adanya takdir yang telah ditentukan sebelumnya.

This entry was posted in Cerita Wayang. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>