Kurawa

Kurawa adalah turunan Kuru, yaitu anak Raja Destarata (raja Astina) dengan dewi Gendari. Berjumlah seratus orang, terdiri atas seorang perempuan dan 99 orang laki-laki. Yang sulung bernama Suyudana atau Kuru Pati (raja Astina). Kurawa yang 100 orang ini, lahir atas keinginan Dewi Gendari yang ingin membalas dendam kepada Pandu Dewanata yang menolak cintanya dan mengakalinya sehingga Dewi itu terpaksa kawin dengan Destarata yang buta.

Suyudana ingin terus mempertahankan dan memiliki negara Astina (walaupun sebenarnya hak milik Pandawa) yang subur makmur itu dengan melakukan akal licik yang diprakarsai oleh Dorna. Akhirnya terjadilah Baratayuda, yaitu peperangan habis-habisan antara Kurawa dengan Pandawa. Para Kurawa semua gugur di Kurusetra. Dalam alam pikiran orang Sunda, Kurawa itu lambang kejahatan dan kebobrokan, yang meskipun berjumlah banyak tapi selalu kalah.

This entry was posted in Cerita Wayang. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>